GREEN BUILDING

"Green Building" adalah konsep bangunan yang dalam desain, konstruksi atau operasinya, mengurangi atau menghilangkan dampak negatif dan bahkan dapat menciptakan dampak positif terhadap iklim dan lingkungan alami kita, melestarikan sumber daya alam yang berharga dan meningkatkan kualitas hidup kita. Beberapa hal dalam mendukung konsepsi ini diantaranya penggunaan energi, air, dan sumber daya lainnya secara efisien; Penggunaan energi terbarukan; Mengurangi pencemaran dan limbah serta memungkinkan penggunaan kembali dengan mendaur ulang limbah tersebut; dst.

Konsepsi ini sudah diterapkan BPPT RI selama hampir 8 tahun ini dalam areal perkantoran seluas kurang lebih 2,5 ha dengan 2 gedung didalamnya yang masing-masing setinggi 21 dan 24 lantai. Sumberdaya air bersih yang disuplai dari PAM Palyja dapat dihemat lebih dari 38,13%, dari lebih dari 6000 m3 per bulan menjadi kurang dari 4000 m3 per bulan, kebutuhan air bersih rata-rata setiap pegawai dari semula lebih dari 100 liter menjadi 69 liter per hari. Berbagai upaya dilakukan dimulai dari komitmen pimpinan; penguatan kapasitas pegawai melalui sosialisasi baik secara langsung maupun dengan pesan-pesan dalam stiker dan banner; penggunaan kran dan komponen hemat air; dan mensubtitusi pemakaian air bersih dengan air hujan melalui IPAH dan daur ulang limbah toilet dengan IPAL dan Arsinum.

Untuk kebutuhan energi listriknya juga terjadi efisiensi dengan melakukan berbagai upaya diantaranya penggunaan lampu hemat energi, pemasangan sensor otomatis yang mengatur besar kecilnya energi listrik dari lampu yang digunakan serta penggunaan energi matahari.

Kesemua sistem ini berjalan dalam pengawasan secara terpadu dalam perangkat digital sehingga dapat mendeteksi secara dini bila terjadi pemborosan pemakaian air bersih dan energi.