Program Sedekah Air Hujan Gemma Camtara di Desa Modayama


Sosialisasi dan pemberian satu unit iPAH melalui Program Sedekah Air Hujan Gemma Camtara di Desa Modayama, Kecamatan Kayoa Utara Kab Halmahera Selatan.
Sosialisasi dan pemberian iPAH ini merupakan salah satu kegiatan dalam Program Bina Desa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Khairun Tahun 2020 di desa ini. Peserta dari program Bina Desa ini selain para kepala desa di Kecamatan Kayoa Utara juga para Kepala Desa di Kecamatan Kayoa, Kecamatan Kayoa Barat dan Kecamatan Makian dengan kegiatan utama Sekolah BUMDes.
Desa Modayama memiliki penduduk dengan jumlah 800 jiwa dan 176 KK yang tersebar di 4 RT dan 2 RW. Kebutuhan air minum dan masak hanya mengandalkan air hujan, sedangkan untuk kebutuhan lain termasuk MCK dari air sumur dangkal (perigi) yang berasa payau cenderung asin. Bila hujan tidak turun dalam beberapa minggu atau bahkan pernah terjadi sampai beberapa bulan, warga secara bersama-sama mengambil air tawar dari desa tetangga yang berjarak kurang lebih 20km dengan menggunakan transportasi laut.